Pentingnya Melindungi Motherboard Laptop dari Kerusakan

Pentingnya Melindungi Motherboard Laptop dari Kerusakan

Komputer atau laptop juga memilki komponen yang bertugas ibarat sebuah jantung yang mengatur kinerja dari keseluruhan komponen lain yang dimilikinya, jantung dari laptop ini disebut dengan Motherboard. Motherboard laptop merupakan core dari keseluruhan kinerja laptop. Komponen lain seperti processor, VGA, dan RAM hanyalah komponen yang bertugas untuk mengartikan kode angka yang dimiliki sebuah aplikasi (software) menjadi sebuah tampilan, misalnya music player, video player, game dan lain sebagainya. Semua itu tak lain adalah berasal dari program angka-angka yang diartikan komputer melalui processor. Motherboard yang menjadi inti dari laptop ini juga harus dirawat dengan baik supaya kinerja laptop bisa tetap terjaga.

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak Motherboard laptop adalah dengan membiarkan laptop anda menyala selama 24 jam lebih tanpa adanya istirahat sama sekali. Pada awalnya mungkin anda tidak akan merasakan gejala yang cukup signifikan dalam hal ini, namun jika hal ini dilakukan secara intensif tentu saja akan membuat motherboard laptop tersebut lama-lama menjadi rusak. Biasanya kerusakan pada motherboard akan memberikan pengaruh pada semua komponen lainnya, tidak terkecual processor dan juga VGA. Terkadang VGA yang rusak akan membuat komputer yang anda miliki menjadi abnormal dan bertindak semaunya sendiri alias tidak mau mengikuti perintah anda. Terkadang orang menganggap ini adalah ulah virus namun tidak menutup kemungkinan bahwa Motherboard yang anda miliki telah rusak dan inilah yang menjadi penyebabnya.

Motherboard laptop akan bisa menjadi lebih awet jika anda menggunakan komputer anda di tempat yang suhunya stabil dan dingin. Laptop adalah benda yang cepat panas, terutama jika anda membuka banyak program dalam satu waktu, terutama program game yang tentu saja akan memakan banyak daya listrik sehingga komputer yang anda miliki menjadi sangat cepat sekali panas. Suhu yang panas ini akan berpengaruh pada kualitas yang dimiliki oleh VGA anda tentunya. Motherboard yang sudah rusak, baik itu akibat dimakan usia ataupun rusak karena kebiasaan buruk penggunanya sudah tidak mungkin bisa diperbaiki lagi. Jalan satu-satunya adalah dengan mengganti motherboard yang dimilikinya.

Jika anda hendak menggunakan laptop usahakan anda menjauhkan laptop tersebut dari air. Motherboard laptop sangat sensitif dengan air, bahkan jika kena sedikit saja di bagian yang penting, akan menyebabkannya rusak untuk selamanya. Jika anda hendak keluar membawa laptop sebaiknya jangan lupa untuk membawa jas hujan – bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor – agar laptop anda bisa terlindungi dari cipratan air. Jangan pula makan makanan berair sambil dekat dengan laptop. Antisipasi sejak awal tentunya lebih baik daripada anda melakukan kesalahan sepele yang nantinya berakibat fatal bagi laptop anda, terutama Motherboardnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>